-


lama kukira lama
kukira semua lama
lama semakin lama
lama lama jadi hama
kebohongan ini

dulu dulu kulupa
aku lupa sampai menjadi buta
para pemburu yang lupa
hama hama berburu dulu

Arnawama, kamu juga lupa
kita ada janji
memenuhi bumi dengan anak-anak kita
dengan cerita-cerita menyakitkan tentang dunia
juga kebahagiaan kecil dari lolongan anjing
ketika kita berlari pulang
tetapi rasa-rasanya cukup aku menyadari
bahwa hidup ini hanyalah mimpi
yang selalu kubenturkan dengan hal-hal yang aku pikir nyata

bohong

aku tertangkap oleh kebohongan
tapi bagaimana mungkin aku melarikan diri dengan membawa serta semua memori?
termasuk juga janji kita

satu waktu aku tertidur
saat bulan jatuh tepat di mataku
aku memimpikanmu dan temanku
dalam mimpi itu aku menangis karena rinduku pada kalian
tapi setelah aku terbangun
kamu tahu apa yang aku rasakan?
perasaanku hilang
bahkan mungkin tak ada lagi di dalam kepala
akupun hilang didalamnya
aku semakin berambisi untuk tidak menginginkan apapun
aku tak tahu bagaimana cara merasakan sesuatu
menjalani hidup hanya dengan mengganti hari
ini lucu, sungguh

mungkin aku takkan bisa lari
aku juga mungkin tak lagi dapat menyentuh langit
dan tak akan pernah terbang ke puncak yang pernah aku impikan
karena semua kenyataan yang telah aku ketahui sejak lama
tapi aku tak akan meninggalkan kebohongan untukmu, Arnawama
bagaimanapun, yang hidup haruslah merasakan penderitaan

sampai nanti, sampai terbangun.





Malang, 27 September 2016, Pkl. 06.55 WIB